Wednesday 25 November 2015

Manfaat Dari Jeruk Nipis Untukt Kesehatan

Manfaat Dari Jeruk Nipis


seperti yang telah di ketahui orang - orang, bahwa jeruk nipis memiliki manfaat untuk kesehatan. Bahkan bukan hanya untuk kesehatan tubuh, namun jeruk nipis juga bisa untuk menyehatkan kulit. Cara mengkonsumsi jeruk nipis biasanya di gunakan untuk campuran makanan atau minuman untuk memberi citarasa asam, namun tau atau tidak manfaat dari jeruk ini? Di artikel kali ini saya akan memaparkan berbagai manfaat yang bisa di dapat dengan mengonsumsi jeruk nipis.
Dibandinkan dengan Lemon jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi dan juga vitamin yang lebih baik untuk tubuh. Selain mengandung vitamin C jeruk nipis setiap 100 g nya juga terdapat 51 kal kalori, 0,9 g protein, 0,2 g lemak, 11,4 gkarbohidrat, 0,5 g mineral, 33 mg kalsium, 23 mg fosfor, 0,4 mg besi, dan 49 mgasam askorbat. Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, dan vitamin B1. Dengan begitu banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk maka manfaat yang terdapat dalam jeruk nipis juga banyak di antaranya yaitu berguna untuk :

1.  Untuk Diet

Khasiat jeruk nipis yang pertama yaitu bermanfaat untuk diet sehat, di dalam diet anda tambahkanlah jeruk nipis untuk memaksimalkan diet anda. Karena di dalam jeruk nipis hanya memiliki 43 kalori secara keseluruhan sehingga jeruk nipis sangatlah rendah kandungan kalorinya. Dengan demikian jeruk nipis sangatlah bagus untuk memaksimalkan program diet anda. Cara mengonsumsinya di buat minuman jeruk nipis dengan mencampur dengan air hangat kemudian di minum pada pagi dan malam hari.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat jeruk nipis yang lainnya yaitu untuk menurunkan kolesterol. Bagi anda penderita kolesterol tinggi pasti anda mengeluarkan banyak uang untuk mengurunkan dan bahkan mensetabilkan kolesterol anda. Namun anda dapat mngurangi pengeluaran pembelian obat anda dengan mencoba salah satu alternative yang sangat mudah di buat yaitu dnegan minum jeruk nipis. Selain dapat menurunkan kolesterol, jeruk nipis juga dapat menurunkan trigliserida, itu dikarenanakan didalam jeruk nipis terdapat flavonoid yang memiliki nama hesperidin yang berguna untuk menurunkan kadar lemak darah dalam tubuh atau biasa disebut kolesterol.

3. Mengatasi Ketombe

Masalah pada rambut yang satu ini adalaah ketombe. Ketombe yang ada di kepala kita memberikan sensasi gatal dan mengelupasnya kulit di rambut yang begitu menyebalkan tentunya. Walaupun sudah di keramas namun masih belum hilang. Kali ini jeruk nipis juga bisa berperan untuk mengatasi ketombe. Kandungan jeruk nipis yang mengandung zat asam sitrat mampu dipercaya efektif mengatasi masalah pada ketombe.

4. Mengatasi Ambandel

Jeruk nipis juga berguna untuk mengatasi amandel. Dipercaya sejak zaman dahulu bahwa jeruk nipis dapat mengatasi Amandel. Namun banyak yang mencobanya dan alhamdulilah berkhasiat untuk mengatasinya. langkah yang di lakukan yaitu pertama kali siapkan 3 (tiga) buah jeruk nipis, cuci bersih ke tiga jeruk nipis tersebut. Kemudian ambil kulinya saja dan di potong – potong. Rebus kulit jeruk nipis dengan 2 (dua) gelas air hingga tersisa ¾ bagian. Setelah itu gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur – kumur. Lakukan lah hal tersebut rutin 3 – 4 kali dalam sehari. Dengan melakukannya rutin disertai dengan berdoa insyallah amandel akan sembuh.

5. Mengobati Batuk

Manfaat Dari Jeruk nipis yang kelima yaitu untuk mengobati batuk, bukan hanya batuk biasa yang dapat di obati, batuk disertai flu juga dapat di sembuhkan dengan jeruk nipis. Untuk mengobati batuk disertaiflu ada berapa tahapannya. Tahapan tersebut yaitu, 1.) ambilah 1 (satu)buah jeruk nipis; 2.) Peras sari jeruk nipis tersebut; 3.) masak dengan air yang cukup banyak dengan air kira – kira 60 cc air; 4.) tambahkan ½ sendok the air kapur sirih.; 5.) aduklah sampai rata perasan jeruk nipis tersebut. Minumlah minuman Jeruk setiap hari ketika sakit 2 (dua) kali dehari 2 (dua) sendok makan. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Menghilangkan Jerawat

Manfaat untuk kecantikan juga bisa digunakan. Yaitu jeruk nipis berguna untuk menghilangkan jerawat. Bagi para remaja yang mengelami masa pubertas jangan risau, bahwa jeruk nipis juga bisa di gunakan untuk menghilangkan atau menyembuhkan jerawat. Dari pada pergi kesalon dan menghabiskan banyak uang untuk menghilangkan jerawat. Lebih baik anda mencoba cara yang satu ini membersihkan jerawat dengan jeruk nipis. Bagaimana caranya? Caranya sangat nudah yaitu ambil satu buah jeruk nipis kemudian dipotong lalu gosokkan pada kulit wajah. Insyallah dengan dilakukan secara rutin jerawat akan hilang.


7.  Melawan Penuaan

Selanjutnya Khasiat jeruk nipis lainnya adalah untuk melawan penuaan pada kulit yang diakibatkan oleh usia dan juga sinar UV, jeruk nipis dapat digunakan sebagai masker sehingga penuaan dapat dicegah dan datang lebih lambat. Penggunaan jeruk nipis untuk melawan penuaan ini karena didalam jeruk nipis terdapat senyawa yang dapat menghambat produksi dari melanin, melanin ini dapat menambahkan pigmen dalam kulit sehingga lama-kelamaan menjadi menumpuk dan menimbulkan bintik-bintik dan senyawa dalam jeruk nipis mampu menghambat dari produksi melanin tersebut.
Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda. Selain yang saya sebutkan di atas, masih bnyak lagi kegunaan jeruk nipis yang belum saya sebutkan. Jeruk nipis juga dapat sebagai pencegah penyakit. Sehingga badan tetap bugar fit dan senantiasa selalu sehat. Bukan hanya dalam kesehatan manfaat dari jeruk ini tapi untuk kecantikan kulit. Jadi mari konsumsi jeruk nipis supaya dapat manfaat yang begitu banyak. Cukup sekian paparan artikel dari saya semoga bermanfaat khususnya bagi saya sendiri :D.

Romeltea Media
Healthy LifeStyle Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top